Program Studi Manajemen STP ARS Internasional Menggelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Event Press Release

Kampung Boneka Sayati Adalah salah satu kampung industri pengrajin boneka di kota Bandung yang memiliki potensi kepariwisataan yang sangat baik. Beragam potensi tersebut apabila dikelola secara baik dan benar dapat memberikan peningkatan kesejahteraan ekonomi kepada masyarakat sekitar melalui berbagai pengaplikasian konsep kepariwisataan. Dalam rangka memberikan pengetahuan dan kompetensi mengenai kepariwisataan kepada para pengrajin di Kampung Boneka Sayati, mahasiswa dan dosen Program Studi Manajemen Pariwisata STP Ars internasional mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema kegiatan pengabdian “Konsep Perencanaan Desa Wisata Industri Kreatif Kampung Boneka Sayati”.

Penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dan dosen program studi manajemen pariwisata STP Ars Internasional dilakukan pada tanggal 14 Juli 2021 secara daring melalui Zoom Meeting sebagai upaya untuk mencegah kerumunan dan penyebaran virus Covid 19.  Berbagai stakeholder dan unsur masyarakat di Kampung Boneka Sayati hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Ketua Paguyuban Pengrajin di Kampung Boneka Sayati BapakNana, Ketua RW 08 Kampung Boneka Sayati Bapak Wawan dan Ketua RT Kampung Boneka Sayati 01 Bapak Riko.

Bentuk Pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah sosialisasi mengenai berbagai aspek kepariwisataan dan bagaimana mengembangkan potensi kepariwisataan menjadi keunggulan yang dimiliki oleh Kampung Bonek Sayati. Peserta yang berasal dari seluruh unsur di Kampung Bonek Sayati secara aktif mengajukan berbagai pertanyaan mengenai materi yang disampaikan dan bagaimana mengembangkan Kampung Boneka Sayati menjadi salah satu destinasi pariwisata di kota Bandung. Berbagai pertanyaan dan diskusi yang dilaksanakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut kemudian direkap dan dijadikan modul untuk diberikan kepada peserta kegiatan. Hasil dari pegabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Program Studi Manajemen Pariwisata STP Ars diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada peningkatan pemahamaan dan kesadaran masyarakat di Kampung Boneka Sayati sehingga dimasa yang akan datang Kampung Bonek Sayati dapat menjadi salah satu destinasi unggulan yang dimiliki kota Bandung.