Pemanfaatan media sosial untuk optimalisasi pemasaran UMKM Madu Asy- Syifa Desa Ciburial Kab. Bandung

Press Release

Sebagai bagian dari pelaksanaan Tridharma pendidikan STP ARS Internasional bersama Universitas ARS melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bagi UMKM Madu Asy-Syifa Babussallam Desa Ciburial. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Januari 2022 dengan tema “Optimalisasi media sosial sebagai alat pemasaran pada UMKM Madu Asy Syifa di Desa Ciburial Kab. Bandung”.

Dalam kegiatan Pengabdian ini melibatkan 2 (dua) Instansi perguruan tinggi yang berbeda, yakni 2 Dosen (Musafa, M.Si – STP ARS Internasional; Srie Wijaya Kesuma,M.M – Fakultas Ekonomi Universitas ARS) dan 5 Orang mahasiswa. Kegiatan berlangsung selama beberapa hari dimana teknis pelaksanaan diawali dengan melakukan kegiatan rekayasa sosial bagi kelompok tani untuk mengetahui tools marketing (Sosial Media) dan melibatkan mahasiswa dalam teknis pembuatan konten, story telling produk yang akan di gunakan di sosial media.

“Setelah sebelumnya kami melakukan kegiatan Pendampingan Pengembangan Kampung Madu sebagai Destinasi Wisata Edukasi pada tanggal 5-7 November 2021 lalu. Kini kami menggandeng Universitas ARS yang diwakili oleh Ibu Srie Wijaya Kesuma melakukan Kegiatan Pemanfaatan media sosial untuk optimalisasi pemasaran UMKM. Kegiatan ini dilakukan dikarenakan masih kurangnya pemanfaatan sosial media pada kelompok tani, penjualan masih dilakukan secara manual orang-ke orang secara tatap muka dan sulit menemukan pelanggan baru. Sehingga diperlukan tools baru (Sosial media agar lebih banyak orang yang mengenal dan membeli produk dari UMKM ini”  Ujar tim tutor kegiatan Pengabdian Bapak Musafa, M.Si.

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dan merekayasa sosial masyarakat bahwa pemanfaatan media sosial harus diutamakan yang di kemudian hari dimungkinkan untuk semakin banyak orang yang mengetahui dan membeli produk Wisata Edukasi Madu dan Produk Madu terbaik di Desa Ciburial, Kab. Bandung.